Jl. Bumijaya No. 60, Rejomulyo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun Telp. 0351 485149
Lingkungan sekolah merupakan tempat pendidikan yang baik bagi pembentukan individu sehingga mereka tumbuh dengan baik di dalam lingkungannya. Sekolah memiliki dua tujuan utama dalam karya pendidikan mereka, yang pertama adalah membentuk manusia yang cerdas dan yang kedua adalah membentuk manusia yang baik
Saya Francisca Rini Widayanti, S.Pd. mengucapkan Selamat Datang di Official Website resmi SDK Santo Bavo Madiun.
Saya mengucapkam puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena saya bangga dalam penerbitan Website sekolah ini. Di era global dan pesatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, tidak dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi, termasuk SDK Santo Bavo Madiun, sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi dari sekolah, yang memang harus diketahui oleh stake holder secara luas. Di samping itu, website juga dapat menjadi sarana promosi sekolah yang cukup efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah dapat diunggah, disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat dapat mengetahui prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih oleh siswa siswi SDK Santo Bavo Madiun.
Sebagai media pembelajaran, website sekolah terdapat link e-learning yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk menuliskan berbagai artikel tentang pelajaran atau materi penting pelajaran yang bersangkutan. Bahkan guru dapat memberikan tugas-tugas Mandiri kepada peserta didik melalui e-learning yang disiapkan, sehingga akan menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (on-line).
Website juga dapat dijadikan sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni. Bahkan alumni dapat memanfaatkan website sekolah untuk konsolidasi, sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu memberikan kontribusi yang sangat positif kepada sekolah. Oleh karena itu, saya sangat berharap, melalui website ini, himpunan alumni SDK Santo Bavo Madiun akan semakin berkembang dan solid, sehingga pada waktunya nanti dapat memberikan kontribusi bagai kemajuan sekolah tercinta untuk mencapai SDK Santo Bavo Madiun yang lebih maju dan semakin terdepan,Terima kasih.
Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler di sekolah melalui program pengembangan diri, pengintegrasian ke dalam semua mata pelajaran, pengintegrasian ke dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta melalui pembiasaan
PRAMUKA
SENI BUDAYA
KARATE
PADUAN SUARA
OLAHRAGA
TEAMWORK
TARI
BANK SAMPAH
Pendidikan karakter di lingkungan sekolah dilakukan dengan cara pengintegrasian pada kegiatan intrakurikuler, kokulikuler, ekstrakurikuler, serta pembudayaan. Tujuan diadakannya pendidikan karakter di lingkungan sekolah SDK SANTO BAVO adalah menguatkan dan mengembangkan nilai kehidupan agar siswa terhindar dari perilaku yang tidak baik sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang dapat dijadikan bekal siswa agar dapat hidup dengan baik di masyarakat
Dalam pendidikan karakter yang diterapkan di SDK Santo Bavo terdapat nilai-nilai yang mencerminkan nilai perilaku manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, bangsa serta dunia internasional. SDK Santo Bavo juga mewujudkan nilai-nilai luhur yang dapat digunakan sebagai pondasi karakter bangsa, antara lain:
1) religius; 2) jujur; 3) toleransi; 4) disiplin; 5) kerja keras; 6) kreatif; 7) mandiri; 8) demokratis; 9) rasa ingin tahu; 10) semangat kebangsaan; 11) cinta tanah air; 12) menghargai prestasi; 13) bersahabat/komunikatif; 14) cinta damai; 15) gemar membaca; 16) peduli lingkungan; 17) peduli sosial; 18) tanggung jawab
PENDIDIKAN KARAKTER DI SDK SANTO BAVO
CINTA TANAH AIR
Menanamkan nasionalisme dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa; Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar; Memajang bendera Indonesia, Pancasila, gambar Presiden serta simbol negara lainnya; Bangga dengan karya bangsa;Melestarikan seni dan budaya bangsa, Menggunakan dan mencintai produk buatan dalam negeri.
Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin. Perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan baik guru dan siswa hadir tepat waktu; menegakkan prinsip dengan memberikan punishment dan reward; dan menjalankan tata tertib sekolah.
Cinta damai merupakan sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman. menciptakan suasana kelas yang tentram, tidak menoleransi segala bentuk tindakan kekerasan dan mendorong terciptanya harmonisasi kelas dan sekolah
HORMAT DAN SANTUN
Rasa hormat adalah menghargai orang lain dengan berlaku baik dan sopan. yang mendasari tata krama. Menumbuhkan rasa hormat siswa berfungsi untuk membentuk insan yang baik karena rasa hormat menuntut agar semua orang sama-sama dihargai.
Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan diri sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat. Percaya diri membuat siswa mengenal dan memahami diri sendiri.
TANGGUNGJAWAB
Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku siswa untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan. Tanggung jawab dimaksudkan untuk mampu mempertanggungjawabkan serta memiliki perasaan untuk memenuhi tugas dengan dapat dipercaya, mandiri
Menghormati martabat dan hak semua orang meskipun keyakinan dan perilaku mereka berbeda dengan kita. Toleransi berfungsi untuk membuat siswa daling menghargai tanpa membedakan suku, gender, penampilan, budaya, keyakinan dan kemampuan.
PEDULI LINGKUNGAN
Nilai karakter lingkungan hidup perlu digalakkan sebagai salah satu upaya menanamkan sadar lingkungan sejak dini. Sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menanamkan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dengan tujuan untuk mencegah lingkungan dari kerusakan dan melestarikannya.